Itsme231019

Black Market, apa sih maksudnya?

Posted on: December 15, 2007

gun

Ceritanya begini, saya punya HP N70. Saya resmi membelinya di Saudi. Harganya 1150 Sar. Lengkap dengan invoice, garansi, buku guide, asesoris berikut kardusnya, kumplit deh.

Tapi entah kenapa, begitu mau di jual, ada orang bilang bahwa HP saya itu merupakan barang BM (Black Market).

Dia bilang hp saya itu termasuk black market karena tidak kena pajak. Lantas dia bilang kalau di jual di indonesia, barang tersebut akan dibeli dengan harga murah.

Kalau kenyataannya begini, rugi juga kalau saya punya barang-barang istimewa apalagi kalau harganya mahal. Karena tetap akan dianggap black market karena dibelinya diluar negeri sehingga tidak kena biaya pajak di Indonesia.

Padahal kalau dipikir-pikir, pas saya membeli, statusnya legal dan resmi, pasti juga ada pajaknya kan. Tapi jelas pajaknya bukan untuk negara Indonesia. Tapi untuk negara dimana hp itu saya beli.

Kasus ini membuat saya tertarik meneliti apa yang dimaksud dengan black market. Mungkin sebagai orang indonesia, saya menyebutnya pasar gelap (pasar poek), tapi jangan di identikan dengan pasar malam ya. J

Black market menurut pengertian versi wikipedia berikut ini.

All commerce on which applicable taxes are being evaded. The market includes not only legally-prihibited commerce (for example, drugs, prostitution, and gambling activities that are illegal in some locales), but also trade in legal goods and services because some income is not reported and consequently taxation is evaded.

Dari definisi diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa pasar gelap alias black market terletak pada transaksi jual beli yang dilakukan secara selundup-selundup agar terhindar dari pajak.

Tapi saya pikir, definisi diatas bagi saya masih terbuka bagi perspektif baru. Karena setiap definisi yang dibangun bisa bermuatan lokal dan sesuai konteks yang ada. Namun saya lebih membidik pada praktek penyelundupan dalam proses transaksi perniagaan.

Saya juga tidak tahu persis apakah Hp saya yang saya beli dari saudi termasuk kategori black market ketika hp itu akan di jual di indonesia, meskipun proses transaksinya transparant dengan bukti-bukti yang jelas?

Tapi black market kan seperti yang disebut pada definisi diatas, cakupannya sangat luas. Ia bisa berkaitan dengan penjualan narkoba, karena perniagaan ini dilarang oleh negara. Maka ketika perniagaan yang dilarang ini tetap berjalan, ia sudah termasuk black market.

Saya juga terus mengekplorasi black market ini ke wilayah lain. Wilayah itu adalah pengiriman tki ke luar negeri. Apakah betul pengiriman manusia besar-besaran sebagai babu ke luar negeri ini tidak termasuk black market?. Karena saya pikir, dalam prosesnya, praktek-praktek penyelundupan dan pemalsuan berkas-berkas dan data-data bisa saja terjadi.

Ternyata kalau dipikir-pikir, praktek black market ini terjadi hampir dimana-mana. Tapi kita sering gak sadar kalau itu punya kaitan dengan black market juga. Vcd bajakan, prostitusi, narkoba, adalah juga hal-hal yang sangat mudah terjadi pada pasar gelap. Apalagi kalau pasa gelap terjadi di pasar malam, wah…makin hebat saja tuh.

by ahmad

34 Responses to "Black Market, apa sih maksudnya?"

Kaya’nya .. dimana pun dibelahan dunia, ada deh hal2 seperti itu. Mungkin pernah dengar black market senjata. Itu lebih parah deh.

4erander.
saya pikir apa yang erander katakan itu betul bahwa jual beli senjata termasuk kategori black market. karena seringkai prosesnya dibawah tanah, oleh karenanya ia disebut sebagai underground economy. dan saya pikir, black market ini banyak terjadi ketika pemerintah terlampau jauh dalam meregulasi perniagaan. tapi saya pikir, pemerintah juga bisa terjebak pada lingkaran black market, karena black market sesungguhnya adalah praktek jual beli secara rahasia atau unsur penyelundupan. anyway, thanks for comment and visiting my gubuk.

black market merupakan sesuatu yang sangat merugikan bagi para konsumen pengguna teknologi hasil black market, membeli dengan harga mahal tetapi dijual dengan harga yang kurang pantas,

Black market merupakan sebuah ‘penyelundupan’ pasar, mengapa saya berkata begitu?, karena semua hasil olahan dari black market adalah barang2 ilegal, mungkin hampir sejenis dengan pembajakan

@agus dan mio. terima kasih atas kunjungan teman-teman di blog sederhana ini. mengenai black market, saya pikir banyak terjadi dimanapun. intinya kan perniagaan yang sifatnya sembunyi-sembunyi sehingga sangat sulit dilacak.
Tapi yang saya gak paham adalah HP yang saya beli itu lengkap dengan kwitansi dan garansi. dan itu saya beli di saudi. namun ketika saya menjualnya di Indonesia, kok harganya anjlok banget karena dianggap barang blak market karena pembeliannya tidak terjadi di Indonesia tapi di Saudi. pada tahap ini, saya masih belum mengerti. but anyway, thanks for kunjungannya.

apa barang BM msh sangat baik k0ndisinya? kalo hape BM,selain gak ada garansi apalagi kekurangannya? apa brg BM cpt rusak?

Kalau barang BM itu ada perbedaannya nggak sama yang asli ? Misalnya blackberry kalu barang BM nya itu ada bbm nya atau nggak ?

Kalau barang BM itu ada perbedaannya nggak sama yang asli ? Misalnya blackberry kalu barang BM nya itu ada bbm nya atau nggak ?

jadi kayanya sebenernya secara quality sih barangnya ga ada masalah ya?
cm yang masalah cuma kalo mau dijual aja kan? bener ga ya?

aku pernah beli hp N97, BM, bagus, tapi ternyata fitur yg ada di dalamnya gak lengkap, buat internetan aja susah mo nyambung. Jadi sebenarnya apa perbedaan hp BM dan yg resmi?

perdagangan hp BM diindonesia sangat marak dan diminati apalagi kalau dipedesaan, murah dan staylish, yg membedakan scra keseluruhan itu apa sich???????

Barang BM, contoh HP, hampir sama atau bahkan sama dengan yg dijual resmi dari distributor… tp yg pastinya membedakan itu ada di after sales ny (garansi, dsb.). Kalau BM kurang jelas garansinya… jd jangan terlalu berharap kalau beli barang BM, terus rusak, minta garansi. Susah deh kayaknya…

kemarin saya beli hp BM scra online . harganyaaa sgt murah … tetapi sya blm tau kondisi brg kayak apa karna brang pesanan sya belum datang ,, semoga tidak merugikan sya ….

APA TINDAKAN PIHAK YANG BERWAJIB KEPADA PIHAK TERKAIT YANG MEMPERJUAL BELIKAN BARANG BM ITU…..?????!!!!!
APA HUKUMAN NYA????
BERLANDASKAN UU NO BERAPA??????
KALAU DI HUKUM PENJARA,,,
BERAPA THUN LAMA KURUNGAN NYA…????!!!

APA TINDAKAN PIHAK YANG BERWAJIB KEPADA PIHAK TERKAIT YANG MEMPERJUAL BELIKAN BARANG BM ITU…..?????!!!!!
APA HUKUMAN NYA????
BERLANDASKAN UU NO BERAPA??????
KALAU DI HUKUM PENJARA,,,
BERAPA THUN LAMA KURUNGAN NYA…????!!!
YANG TAU HUKUM TOLONG BERIKAN PENJELASN NYA…
BAGI PIHAK KEPOLISIAN MOHON BERIKAN ALASAN YANG TEPAT…
BUKAN BERTELE-TELE TAPI PASTI.
BUTUH JAWABAN : BISA / ENGGAK…???
UDAH GITU AJJ…
SAYA PIKIR CUKUP JELAS…

Sejarah dari blackberry

setahu saya, harga barang menjadi naik karena ada garansi, nah garansi ini dimaksudkan jika barang ada kerusakan maka barang bisa diperbaiki/ditukar tanpa biaya tambahan. Istilahnya uang asuransi. Ketika barang tanpa garansi resmi otomatis menjadi lebih murah. tapi tidak ditanggung oleh dealer resminya jika terjadi kerusakan. Jadi, kalau mau cari barang murah, cari yang tanpa garansi, tapi rusak tidak ditanggung. Kalau punya uang cukup dan cari aman, beli yang bergaransi resmi. Maka barang yang dibeli di luar negeri anjlok dijual di dalam negeri besar kemungkinan karena pihak toko (yg membeli barang second tersebut) tidak punya back-up kalo ada apa-apa dengan barang tersebut. Semoga membantu.

menambahkan, barang BM bisa berarti barang tersebut dijual tidak dengan garansi resminya, contoh saya ingin beli kamera Canon SX40 HS, harga aslinya dgn garansi resmi Canon adalah 4,2-4,5 jutaan, jika pakai garansi Datascript hanya 4,04 juta. Nah jika beli online dengan garansi dari tokonya saja (dgn artian jika rusak/cacat yg siap memperbaiki hanya pihak toko) harganya cuma 3,9 juta, murah sekali.
mau lebih murah lagi? beli yang dari kawasan bebas bea-cukai sperti di Batam, skrng sudah ada toko onlinenya, harganya bisa 500ribu lebih murah lagi, dan cukup nambah biaya pengiriman saja….

masalahnya besaran pajak di indonesia itu terlalu mahal sehingga menyebabkan barang yg masuk ke indo yg awalnya mungkin dari luarnegeri barang tersebut murah jadinyasetelah masuk ke indonesia menjadi sangat mahal untuk ukuran orang indonesia.dan itu mungkin yang menyebabkan orang indonesia suka membeli barang BM..

buat agan velia yg udah beli hp BM secara online..gimana hasilnya?
memuaskan ato nggak barangnya?
baguskah ato cacatkah??

Barang BM banyak pengertiannya, ada yg menyebut tidak lulus beacukai, atau barang gagal, atau jg barang tiruan. barang BM biasanya bnyk terjadi pada handphone dan laptop. cara membedakan barang BM terlihat dr fiturnya yg tidak lengkap dibandingkan barang resmi/ori, ini biasanya terjadi karena barang BM tersebut adalah barang rijek, atau tidak sesuai dgn spesifikasi yg tadinya tidak akan d pasarkan, namun oleh oknum2 tertentu memasarkannya dgn hrga yg sangat miring dan membuat para konsumen tergiur, selain itu bisa jg karena daleman dari sistem barang tersebut bukan original tp buatan cina (sama2 tw lah kita kalau negara cina itu negara peniru yg handal) sehingga secara fisik kita agak sulit untuk membedakan mana yg BM mana yg original, hati2 bwt agan dan sista skrng walau banyak barang BM yg dijual miring, tp ada juga Barang BM dijual seharga barang ori (merugikan konsumen kan?) selain itu biasanya barang BM tidak punya garansi resmi melainkan hanya garansi toko. *Kesimpulan__Buat agan n sista berhati-hatilah dlm membeli barang elektronik, alangkah baiknya menanyakan terlebih dahulu kepada yg lebih mengerti tentang spesifikasi barang yg kita beli. jadi beli lah barang original, karena barang BM bisa dikatakan kurang terjamin kualitasnya. Semoga bermanfaat y, n salam kenal bwt semua

Ohhh,,,,, jd black market (BM) itu juga barang asli,,, cuman cara pnjualan nya itu yg secara selundupan ya mass……

ia tanya nih barang hp bm tuh cpt rusak atw gak??scara kwlitas bgaimna??

nah yang bingung itu, kalo semisal kita beli HP dari toko online (online shop) luar negeri, misal dari china, terus di kirim via pos ke indonesia, trus bayar biaya di pos, ini termasuk HP BM apa ga? soalnya rancu kalo desas desus yang sekarang beredar HP BM mau dilarang..thx

kalo saya beli barang ….katakanlah hp….ditoko online….tapi toko online itu benar ada….katakanlah di jambi…saya beli barang dgn harga murah…tetapi barang ori dan ada garansi internasional….karna murah saya berniat untuk jual kembali…pertanyaannya….apakah say termasuk pedagang BM….ori….apakah saya berdagang legal….seandainya dari pihak toko ada bon adan fakturnya….

Kalau menurut saya hp agan tidak blackmarket, karena sudah terkena pajak dan memang begitu yang seharusnya terjadi. Saya mengartikan blackmarket itu sebagai barang yang belum harusnya keluar tapi sudah keluar. Maksudnya, barang itu baru keluar dari pabrik dan langsung saja dikirimkan ke berbagai daerah dan tidak membayar pajak saat memasuki daerah tersebut. Sekarang banyak pihak yang mempertanyakan kualitas gadget blackmarket dan baru-baru ini banyak gosip bahwa hp blackmarket akan mengalami gangguan pada imeinya, itu merupakan tanda bahwa blackmarket tidak hanya melangkahi pajak saja, namun ada beberapa proses yang dilewat, mungkin hal itu dilakukan agar harga gadget tersebut menjadi lebih murah. Intinya, blackmarket adalah barang yang tidak melalui proses yang seharusnya dilakukan (resmi) agar barang tersebut mengalami penurunan harga.

Itu menurut saya

Pusing…mana yang bener?

INTIX JANGAN BELI….

barang BM itu kualitas asli, bukan kw/tiruan. hanya saja hrgnya murah krn terbebas dri pajak

barang BM itu kualitas asli, bukan kw/tiruan. hanya saja hrgnya murah krn terbebas dri pajak

aing teh lieerrrr

Gimana kalau barang yg dijual itu dijual online ,tp dengan harga murah … seumpama contoh camera cannon 600D kit ,saya pernah lihat ditoko resmi harganya mahal ..tp diorang yg jual online ini hanya jual dengan harga 950rb ..mohon tanggapannya bagi yg tau ya .. q belum paham apa itu BM .. gimana masalah cukai atau efek samping dari membeli barang itu

Berarti klo seperti itu kena pasal apa tidak?

yg pernah beli barang bm share2 dong

Leave a comment