Itsme231019

Merdeka Untuk Dan Dari Sesuatu !!!

Posted on: March 8, 2008

Kemerdekaan adalah harapan semua manusia. Karena dengan merdeka, manusia bebas menentukan pilihan hidupnya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak diluar dirinya.

Menjadi merdeka artinya menjadi bebas. Bebas dalam memilih pasangan hidup, bebas dalam menentukan jurusan study yang diambil, bebas dalam menjalankan ibadah, bebas dalam berkeyakinan. Pada saat yang sama, merdeka juga harus bebas dari rasa takut, bebas dari tindak kekerasan, bebas dari ancaman, bebas dari kemiskinan, bebas dari segala bentuk tirani dan kejahatan.

Jika saya mencermati konsep kebebasan untuk mendapatkan sesuatu (yang positif) dan bebas dari sesuatu (yang negatif) maka saya merasa ada kesamaan dengan konsep Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar (perintah kebajikan dan mengingkari kemunkaran).

Dalam pandangan saya, konsep ma’ruf itu sama dengan perintah bebas untuk melakukan sesuatu yang positif. Misalkan saja saya bebas untuk menyatakan pendapat. Namun jika menyatakan pendapat ini dilakukan secara berlebihan (excessive) dan diluar konteks maka yang ma’ruf pun akan berpotensi menjadi kemungkaran yang harus ditolak dan dilawan. Misalkan saja mendidik anak namun dengan cara disiplin yang berlebihan sampai pada titik kekerasan fisik, maka proses mendidik pun akan berbalik menjadi kemunkaran yang harus ditolak. Jadi pada tahap ini, nahi munkar berfungsi sebaga alat kontrol untuk membatasi kebebasan yang excessive.

Oleh karena itulah sangat bijak dikatakan bahwa kebebasan seseorang itu dibatasi oleh kebebasan orang lain. Dan seseorang itu dikatakan bertanggung jawab atas sesuatu jika orang tersebut melakukannya atas pilihan dirinya secara bebas tanpa ada satu titik pun unsur tekanan dari pihak lain.

Beragama adalah sesuatu yang dianggap baik (ma’ruf), dengan demikian, kebebasan beragama adalah sesuatu yang harus dilindungi. Namun jika keberagamaan itu dilakukan secara fanatik bahkan sampai pada titik pengkultusan dan cenderung meremehkan keyakinan orang lain, maka keberagamaan semacam itu sangat berpotensi menjadi sesuatu yang munkar yang mesti distop bahkan dilawan. Pada tahap itulah, agama menjadi terdistorsi. Agama yang semestinya agen penyemai damai justru berubah menjadi alat penyemai benci dan permusuhan.

Oleh karena itulah, dalam islam (agama penyerahan total kepada Tuhan) sendiri disebutkan bahwa tidak ada pemaksaan dalam beragama. Artinya freedom of religion sangat dijunjung tinggi.

Kembali lagi kepada konsep merdeka, terutama pada konteks indonesia. Indonesia memang sudah bebas dari penjajahan fisik dengan para kolonial dulu. Penjajahan dari negara jepang, belanda dan portugis sudah selesai.

Tapi jelas tidak dan belum merdeka jika dilihat dari kerangka lain. Indonesia belum bebas jadi penjajahan korupsi yang justru dilakukan oleh “orang dalam” sendiri yang kebetulan duduk sebagai pejabat. Indonesia belum bebas dari kemiskinan sebagai akibat dari korupsi tadi. Indonesia belum bebas dari mental budak dan mental kuli sehingga mentalitas ini selalu menempatkan orangnya mudah memperbudak orang dan diperbudak orang lain sekaligus.

Jadi sesungguhnya Indonesia masih saja sulit untuk merdeka dalam melakukan sesuatu dan sulit juga untuk merdeka dari sesuatu, karena memang kepentingan sempit dan temporer kian dipertuhankan, dikultuskan bahkan dilembagakan.

Dengan demikian pergerakan untuk mendapatkan kemerdekaan untuk hidup dan memberikan kehidupan bagi orang-orang tertindas perlu terus digulirkan sementara gelagat mendapatkan kemerdekaan untuk hidup tapi justru untuk mematikan dan memberangus kehidupan orang lain yang tak berdosa, harus segera ditumpas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: