Itsme231019

Antara Pengakuan dan Tindakan

Posted on: December 17, 2007

Kenapa sih apa yang diomongkan atau apa yang dianut, seringkali tak sesuai dengan apa yang diamalkan. Ajaran tak sesuai dengan tindakan. Ajaran itu nampak manis-manis, tapi pada tataran operasional, tindakan seringkali menunjukkan kontradiksi.

Misalkan saja, kita masuk dalam suatau kelompok pecinta alam. Namun sikap kita yang suka merokok ditempat public merupakan aktivitas yang sesungguhnya ditentang oleh ajaran yang kita anut. Tapi kita masih saja melakukannya. Sebuah pertunjukan paradoksal bukan?

Bisa jadi ini muncul dari kemiskinan kesadaran akan suatu hal. Tapi apakah siperokok menyadari bahwa tindakan merokoknya bisa mencermari lingkungan dan juga menggerogoti kesehatannya?

Jawabannya bisa jadi ia punya kesadaran akan hal itu. Tapi kesadarannya tidak difollow up dalam sebuah tindakan. Jadi kesadarannya berhenti pada kesadaran kongnitifnya saja. Belum menyentuh action.

Dalam hal beragama juga, ajaran agama mengajarkan untuk berkata jujur, tidak berdusta, tidak menipu dsb. Tapi penganut suatu ajaran kerap kali menunjukan hal yang sebaliknya. Apakah ajarannya mengajarkan untuk menipu atau penyalahgunaan ajaran? Saya pikir yang kedua ini suatu hal yang banyak terjadi.

Contohnya saja Islam, seringkali tertutupi oleh kaum muslimin. “alislamu mahjubun bilmuslimin”, islam tertutupi oleh orang-orang islam. Dan ini juga bisa diproyeksikan kepada ajaran lain juga. Contohnya saja, nilai-nilai apresiasi terhadap alam seringkali tertutupi oleh pecinta alam. Tindakan tak semanis ajaran.

Dari sini nampaknya perlu belajar secara teratur untuk bersikap autentik antara apa yang diucap atau apa yang dianut dengan apa yang diamalkan. Perpaduan antara kata dan perbuatan.

The good compatibility between words and actions. The good synergy.

By ahmad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: