Itsme231019

Internet not only chatting but also blogging

Posted on: December 13, 2007

Pada hari ini tanggal 13/12/2007, gue nyoba-nyoba chating dengan memilih room bangsa sendiri. karena gue pengen tahu apa yang terjadi di dunia chating di negeri sendiri.

gue sendiri memilih chating di room dengan chatter lainnya.  gue berusaha mengangkat topik-topik yang menyangkut keindonesiaan, termasuk didalamnya diskursus mentalitas bangsa.

namun nampaknya, topik-topik yang menyangkut bangsa di dalam chating gak terlalu menarik bagi para chatter lainnya. paling ada beberasa chatter saja yang menanggapi, itu pun ditanggapi dengan banyak main-main.

saya tidak tahu persis, apakah memang topik-topik tersebut gak layak jika dibicarakan dalam dunia chatting, atau karena chating sudah dipenuhi oleh mereka-mereka yang menyukai hal-hal yang tidak realistis menyangkut bangsa mereka.

saya juga sempat berbicara melalui voice chat dengan salah satu chatter. ketika saya bertanya “kamu punya blog gak”? di jawab dengan ” apaan tuh blog”?.

saya pikir, masa sih orang yang selalu keep in touch dengan internet kagak tahu blog ? padahal kan, blog itu merupakan sarana yang paling asyik untuk mengekspresikan kebebasan pribadi dalam berfikir dan bercurhat ria.

akhirnya saya tidak luput untuk mengajak teman-teman chatter untuk juga membuat blog pribadi, agar ide-ide bagus yang selama ini mereka usung dalam dunia chatting bisa dikembangkan kedalam blog secara utuh.

dari sini, nampaknya juga perlu edukasi tentang penggunaan internet dengan baik. soalnya, kalau tidak ada edukasi, akan muncul penggunaan yang liar, tidak ada orientasi yang jelas.

masa sih yang dikenal dari internet cuma chating doang. padahalkan kalau ada edukasi dimasyarakat, hal-hal yang positif dari internet bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi.

nampaknya, dunia teknologi seperti internet harus dibangun di setiap institusi pendidikan. perusahaan-perusahaan internet sebaiknya punya orientasi ke arah sana sambil mensosialisaikan edukasi bagaimana penggunaan internet dengan efek yang lebih baik.

nampaknya, sekian dulu dari saya. mohon maaf jika ada kata-kata “gue” dan “saya” bercampur pada tulisan ini. karena kata-kata “gue” masih segar ditelinga saya karena bekas chatting sama orang yang sudah terbiasa dengan kata-kata tersebut. jadinya, saya harus menyesuaikan diri dengan worldviewnya dia.

Advertisements

1 Response to "Internet not only chatting but also blogging"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: