Itsme231019

Mau jadi Good government, tapi masih korupsi , How Come !!

Posted on: November 25, 2007

korupsi

Indonesia adalah negara yang besar. Ia besar karena sumber daya alamnya begitu melimpah. Tanahnya subur. Memiliki beraneka ragam budaya, agama dan juga bahasa. Namun tiba-tiba ia dikerdilkan oleh orang-orang yang yang bermental kerdil. Kekerdilan ini muncul dalam bentuknya yang bervariasi. Korupsi adalah salahsatunya.

Praktek korupsi ini hampir terjadi dibanyak tempat. Dipusat maupun di daerah. Di institusi umum maupun institusi berbau agama. Nyaris disetiap tempat.
Apa sih sesunggunya korupsi itu sehingga banyak orang yang tergiur untuk melakukannya.

Berikut ini pengertian korupsi versi http://www.wikipedia.org

“In broad terms, political corruption is the misuse by government officials of their governmental powers for illegitimate private gain. All forms of government are susceptible to political corruption. Forms of corruption vary, but include bribery, extortion, cronyism, nepotism, patronage, graft, and embezzlement. While corruption may facilitate criminal enterprise such as drug trafficking, money laundering, and trafficking, it is not restricted to these organized crime activities. In some nations corruption is so common that it is expected when ordinary businesses or citizens interact with government officials. The end-point of political corruption is a kleptocracy, literally “rule by thieves” (http://en.wikipedia.org/wiki/Political_corruption)

“korupsi adalah bentuk penyalahgunaan kepentingan publik oleh pejabat publik untuk kepentingan pribadi yang yang tidak syah”.

Bentuknya bermacam-macam. Ia bisa berupa praktek suap-menyuap, lewat pintu belakang, uang pelicin yang berkedok hadiah, pembobolan uang dengan paksa, praktek politik uang, nepotisme (berdasarkan ikatan kekeluargaan), cronyisme (berdasarkan ikatan konco-konco), dan masih banyak bentuk-bentuk lain dari praktek korupsi ini. Intinya adalah adanya penyalahgunaan.

Saya tidak habis pikir, kenapa posisi di pemerintahan begitu diburu bahkan dengan cara-cara saling sikut sana, sikut sini. Uang pun rela dikeluarkan habis-habisan hanya untuk bisa duduk kursi pemerintahan. Apa sih yang dicari? Saya takut, kalau motivasinya bukan untuk memperbaiki bangsa tapi justru menggerogoti bangsa.

Saya juga berfikir keras kenapa uang itu identik banget dengan kekuasaan. Seakan-akan, kalau gak ada uang, gak bisa menikmati kekuasaan. Saya jadi ingat kasus pemilihan kepala desa di desa saya. Ternyata yang keluar jadi pemenang adalah seorang yang kebetulan punya kekuatan uang.

Dengan demikian, seseorang yang sesungguhnya punya kemampuan yang bagus menjadi tersingkirkan karena uangnya gak tebal. Ironis memang.

Kalau saja masyarakat punya kesadaran politik yang bagus dan sehat, mereka akan berfikir bahwa sesungguhnya politik uang merupakan pintu bagi menyeruaknya praktek-praktek korupsi yang lebih hebat yang akan meruksak tatanan sosial. Artinya, publik akan dibohongi dan dirugikan.

Ingat, bahwa kekuasaan sangat mungkin diselewengkan, apalagi kalau tidak ada pengawasan dari berbagai elemen masyarakat.
Kadang-kadang, masih ada pengawasan saja, korupsi tetap saja tuh terjadi, apalagi kalau tidak dikontrol. Enak banget rasanya hidup ini.

Tapi sesungguhnya, praktek korupsi ini bisa saja terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja seorang guru mendapat suap dari orang tua wali agar anaknya mendapatkan rangking yang bagus atau agar anaknya diterima disekolah tersebut. Nah, proses seperti ini banyak terjadi bahkan di institusi pendidikan. Paradoks bukan.

Sejatinya kan, institusi pendidikan adalah agen moral yang anti korupsi. Tapi lagi-lagi, yang namanya jabatan apapun tingkatannya sangat rentan terkena virus korupsi. Jangan-jangan, jabatan yang berbau keagamaanpun bisa-bisa terkena virus tadi. Wah, bahaya juga ya.
Ah udah ah….nampaknya segini dulu deh perenungannya. Jika ada ide-ide baru, just feel free to put here..ok. have a nice day with honesty and originality. So..Ingin jadi good government, ogah ah untuk main korupsi. Memalukan saja.
Ahmad.
TKI Saudi Arabia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: