Itsme231019

shaleh personal dan sosial

Posted on: November 2, 2007

dianugrahi seorang anak, saya merasa bahagia luar biasa. ia merupakan bagian dari darah dan kehidupan saya. maka impianku lantas melayang kemasa depan. impianku, semoga anakku yang ganteng dan gagah menjadi manusia yang berkarakter pemberani, gigih, bertanggung jawab dan beretika tinggi. tentu saja ini butuh proses sejak dini. sang ibu perlu menyadari bahwa penanaman nilai-nilai tinggi perlu dimulai dari dirinya sehingga akan menular sama anaknya. sang ibu perlu terus belajar dari berbagai sumber. ia bisa belajar dari pengalaman orang lain baik positif maupun negatif. jika positif, maka tidak ada alasan untuk mengadopsinya, namun jika negatif, perlu menghindarinya dan menciptakan dan pencarian terhadap hal yang lebih positif. sebagai bapaknya, saya harus menyadari bahwa saya juga harus menjadi model sebagai suami sekaligus ayah yang bertanggung jawab dan setia sama anak dan istri. bekerja keras demi mewujudkan impian dapat anak yang shaleh bukan saja pada dimensi personal tapi juga tataran sosial. saya pun menyadari bahwa dikampung saya, kondisi sosialnya sangat lemah nuansa edukasinya. lebih banyak formalisme dalam beragama. maksud saya, pengajian berjalan terus. khutbah jum’at tetap bergulir. namun semua itu terasa hampa, karena banyak dijejali dengan reproduksi dan repetition yang membosankan. akibatnya, nilai-nilai substansi menjadi tersisihkan karena kuatnya dominasi formalisme. semoga anak saya menjadi manusia yang bukan saja shaleh secara formal, tapi lebih penting lagi shaleh secara sosial, nuansa kemanusiaan yang sangat universal.   

Leave a Reply

