Itsme231019

we need a change

Posted on: October 15, 2007

setiap lebaran, alhamdulillah, saya bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi kedutaan indonesia di riyadh. tujuan saya kesana, adalah saya ingin mendapatkan sesuatu yang mencerahkan buat pikiran saya. yang kedua, saya ingin bertemu orang-orang indonesia, merasakan keakraban dan kehangatan. namun kondisi yang saya harapkan sirna belaka. pas saya ke sana, tepatnya tanggal 12 oktober 2007 hari jum’at melihat pemandangan yang tak teratur. sampah dimana-mana terutama kertas-kertas atau selebaran iklan layanan haji. jelas ini menyangkut sistem dan kedisiplinan. saya tidak mendapatkan kupon untuk mendapatkan makanan karena kehabisan. sedihnya lagi, tidak ada acara lain selain makan-makan. itupun kuponnya habis. lalu klo kuponnya habis, mau ngapain lagi. mereka tidak siap menyediaan acara lain yang lebih mencerahkan. jelas ini sebuah joke yang tidak perlu.mengenai dapat makan atau tidak, bagi saya ini bukanlah hal yang terlalu penting dan esensi. namun saya lebih melihat pada sisi bagaimana mereka memanagenya. yang saya saksikan adalah sampah dimana-mana, orang bergerombol-gerombol. tidak terlihat cara berfikir yang smart dan maju. jadi seperti sebuah kebodohan yang diulang-ulang. saya ingin kedutaan indonesia sebagai media komunikasi antara anak bangsa dan pemerintah. kalau mereka gak menjalankan fungsi ini, lalu apa fungsi mereka. saya sedih dengan realitas ini. kalau misalkan mereka mengadakan dialog dan curhat dengan para sopir dan tkw, setidaknya ada agenda yang bisa diciptakan. ada ikatan emosional. timbul rasa memiliki terhadap negara sendiri. saya ingin ada open managemen antara pekerja sebagai anak bangsa yang harus dilindungi dan diakomodasi dengan pihak kedutaan sebagai pemberi perlindungan kepada mereka. saya bisa mengatakan bahwa budaya dialog masih tersumbat. rasa curiga masih terpendam. lalu sejak kapan negeri kita akan bangkit kalau kita masih betah dengan kebodohan tersebut.

Leave a Reply

